Jumat, 20 November 2015

makanan khas boyolali (MARNING)

hallo teman,kali ini saya akan membahas proses pembuatan salah satu makanan khas daerah saya,BOYOLALI.yang akan saya bahas kali ini adlah proses pembuatan MARNING.
monggo langsung mawon.. :)

CARA MEMBUAT MARNING JAGUNG

Cara membuat marning jagung tidaklah sulit dan rumit, hanya dalam proses pembuatan marning jagung dibutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga dibutuhkan ketelatenan didalam proses pembuatannya.
Agar mendapatkan rasa yang gurih dan renyah tergantung pada proses pembuatannya, proses pengkapuran, perendaman perebusan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah waktu penggorengan. Dari serangkaian proses tersebut harus seimbang dan dilakukan dengan sebaik baiknya agar mengdapatkan hasil yang memuaskan
Langkah langkah yang harus diperhatikan dalam membuat marning jagung.
Pertam: kita pilih bahan baku yang terbaik, yakni memilih biji jagung yang terbaik. Ciri cirinya antara lain biji jagung yang bersih, yang mengkilat, yang benar benar biji jagung yang sudah tua.
IMG0097A
Kedua: menyiapkan alat alat pemasakan marning, misalnya kompor yang memiliki bara api yang besar, penggorengan, wadah perebusan jagung, ember untuk perendaman jagung, dan alat untuk mencuci jagung misalnya TOMPO BAMBU.
Proses pemasakan marning jagung
Langkah Pertama: Jagung direbus setengah matang saja, atau sekitaqr 1 jam perebusan, dan  air yang digunakan untuk merebus jagung dikasih atau dicampur dengan kapursirih, gunanya untuk membersihkan jagung pada saat di rebus.
WAKTU PEREBUSAN JAGUNG
IMG0099A
Langkah Kedua: setelah jagung selesai direbus hingga setengah matang saja, terus jagung di angkat dan dicuci untuk menghilangkan kotoran jagung yang terurai oleh kapur sirih, cuci hingga bersih setelah melewati proses pencucian dan jagung sudah terlihat bersih, pindahkan ke ember atau timba untuk dilakukan perendaman, jadi jagung dimasukkan ke ember atau timba  lalu dikasih air sampai diatas volime jagung. Rendam jagung tersebut selama 24 JAM.
PROSES PERENDAMAN
IMG0100A
Langkah ketiga: setelah di rendam, jagung dicuci kembali sampai bersih, setelah itu jagung siap di goring. Proses penggorengannya tidaklah sulit, cukup siapkan wajan dan minyak panaskan dengan bara api yang besar setelah itu masukkan jagungnya, terus tinggal di aduk aduk jangn sampai gosong
PROSES PENGGORENGAN
IMG0103A
SELAMAT MENCOBA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar